my KUTAI TIMUR

Home » Kesehatan » Waspada, Demam Berdarah Meningkat di Kutim!

Waspada, Demam Berdarah Meningkat di Kutim!

nyamukdbd[Sangatta]: Waspada! Warga Kutim harus mewaspadai berjangkitnya serangan demam berdarah dengue (DBD), karena dalam triwulan tahun 2013 ini jumlah kasusnya sudah sangat tinggi. Menurut Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PM) Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur, M. Yusuf, jumlah penderita DBD dalam triwulan pertama (Januari-Maret) 2013 mencapai 135 kasus. “Jumlah kasus itu hampir sama dengan jumlah kasus DBD yang terjadi sepanjang tahun 2012 Jadi ada peningkatannya yang sangat drastis, dan ini harus diwaspadai,” katanya di Sangatta, Selasa.

Dikemukakan, untuk menekan dan mengatasi jumlah penderita DBD di Kutim, Dinkes terus melakukan sosialisasi ke semua kecamatan dan kelurahan melalui kader-kader juru pemantau jentik (jumantik). Dua kecamatan yang warganya selama ini paling tinggi terserang kasus DBD adalah Kecamatan Sangatta Utara dan Kecamatan Bengalon. Menurutnya, meski jumlah kasus di Sangatta dilaporkan menurun, namun di Bengalon masih tetap tinggi. “Kami dan para jumantik akan secara khusus melakukan sosialisasi intensif di Bengalon,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinkes Kutim, dr Aisyah mengimbau warga untuk tetap memerhatikan kebersihan lingkungan dan permukiman, terutama yang lokasinya berada di daerah rendah dan berair. “Jumlah angka penderita DBD di awal tahun 2013 ini memang tinggi, karena itu kami mengingatkan warga melakukan pencegahan DBD melalui langkah 3M, yakni mengubur, menguras dan menutup tempat-tempat air yang dapat dijadikan berkembangnya nyamuk penyebar DBD, dan juga aktif melakukan abatesasi,” katanya.

Cara menggunakan abatesasi, kata dr Aisyah, cukup menggunakan kain lembut, kemudian diikat dalam penampung air sehingga bubuknya tidak mengganggu kualitas air. Dikatakan bahwa Dinkes juga lebih sering melakukan fogging (penyemprotan) menggunakan bahan kimia yang disemprotkan di sekitar permukiman penduduk. [as]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Just To Inform

085883568081
05.00 pm
April 2013
M T W T F S S
« Mar    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: