my KUTAI TIMUR

Home » Ekonomi & Bisnis » Upah Penyadap Karet Singa Gembara Rp 750 Ribu/Bulan

Upah Penyadap Karet Singa Gembara Rp 750 Ribu/Bulan

karet[Sangatta]: Para pekerja penyadap karet mentah di Kampung Rindang Batota, Desa Singa Gembara, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, rata-rata  memperoleh upah Rp 750 ribu per bulannya.Delis, seorang gadis kecil berusia 14 tahun yang sehari-harinya bekerja sebagai penyadap karet milik salah satu pengusaha di daerah ini, mengaku dirinya dan kakaknya setiap dua minggu mendapat bayaran sebesar Rp 750 ribu atau sebulan Rp 1,5 juta untuk berdua. “Upah itu untuk berdua, saya dan kakak saya menyadap karet setiap hari mulai pukul 06.00 Wita sampai pukul 11.00 Wita atau rata-rata lima jam sehari,” katanya di Sangatta, baru-baru ini.

Ia bercerita, setiap hari dirinya menyadab karet dari pohon, kemudian hasilnya dikumpulkan di sebuah wadah besar, seperti baskom, ember dan wadah lainnya yang bisa menampung karet. Menurut gadis belia itu, ia berasal dari desa Sodong di Kecamatan Soreang, Kabupaten Badung, Jawa Barat. Gadis yang hanya jebolan kelas VI SD itu kemudian mantap mengikuti kakaknya bernama Yanti mengembara ke Sangatta, Kutai Timur, pada tahun 2010 lalu.

Sementara itu sang kakak, Yanti, yang juga penyadap karet mentah, mengakui penghasilan ia dan adiknya sebesar Rp1,5 juta per bulan cukup lumayan, karena bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. “Setiap hari kami berdua bekerja sebagai penyadap karet di kebun milik Ibu Ida, sejak pagi hingga siang.

Hasilnya lumayan untuk biaya sehari-hari,” kata Yanti yang baru memiliki satu anak.

Yanti mengaku terpaksa bekerja sebagai penyadap karet untuk membantu menopang kebutuhan rumah tangganya karena honor suaminya yang bekerja sebagai tenaga satuan pengamanan di sebuah perusahaan swasta tidak mencukupi untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidup. [as]


1 Comment

  1. Miris sekali pekerjaan menyadap karet hanya mendapat 750ribu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: