my KUTAI TIMUR

Home » Bencana » Warga Teluk Lingga Terancam Abrasi Sungai

Warga Teluk Lingga Terancam Abrasi Sungai

[Sangatta]: Warga RT 44 Gang Banjar, Desa Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara Kutim, mengingatkan Pemkab Kutim untuk segera merealisasikan janji membangun tanggul penahan abrasi yang longsor beberapa waktu lalu.Salah satu warga Gang Banjar RT 44 yang rumahnya terancam ambruk akibat abrasi sungai, Khadijah (30 tahun), mengatakan, Pemkab jangan hanya berjanji tanpa ada buktinya, apalagi ini menyangkut ancaman terhadap warganya. “Rumah saya tinggal setengah meter dari bibir sungai yang runtuh. Kalau tidak dibuat tanggul, setiap saat rumah saya akan runruh dan masuk sungai,” katanya, Senin.

Ia bercerita, dua atau tiga tahun lalu, rumahnya berjarak lebih 10 meter dari pinggir Sungai Sangatta, namun akibat sering longsor, akhirnya tinggal setengah meter saja jaraknya. Setiap banjir, tanah di belakang dapur rumah longsor sedikit demi sedikit. Karena tidak pernah ada perbaikan, tanah semakin terkikis dan bibir sungai semakin dekat dengan rumahnya. “Kami semakin takut tinggal di rumah saat hujan deras dan banjir. Sewaktu-waktu rumah kami dapat terseret arus banjir,” kata Khadijah.

Warga yang lain bernama Hasnah, juga mengingatkan agar Dinas PU Kutim segera membangun tanggul sehingga abrasi sungai tidak semakin meluas dan mengancam warga. “Sebelumnya pernah Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman dan pejabat PU datang dan berjanji akan segera membangun tanggul, namun ternyata cuma janji saja,” katanya.

Sementara itu Asisten Kesra Pemkab Kutim, H. Mugeni mengatakan, pihaknya telah mengusulkan Dinas PU untuk memrogramkan pembangunan tanggul penahan abrasi di Gang Banjar. Kondisi sungai di sepanjang Teluk Lingga, katanya, memang membahayakan warga karena tanahnya rapuh, hal ini letaknya berada di sisi sungai, sehingga sering longsor. “Saya sudah perintahkan Dinas PU untuk segera membuat perencanaan membangun tanggul penahan abrasi, kondisinya sangat membahayakan warga,” katanya, hari Minggu.[as]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Just To Inform

085883568081
05.00 pm
March 2013
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: