my KUTAI TIMUR

Home » Pemerintahan » Kutim Siapkan 1.250 Ha Lahan Transmigrasi Baru

Kutim Siapkan 1.250 Ha Lahan Transmigrasi Baru

[Sangatta]: Pemerintah Kabupaten Kutai Timur menyiapkan lokasi untuk permukiman transmigrasi baru seluas 1.200 hektare yang berada di kecamatan Karangan seluas 550 hektare dan Kecamatan Rantau Pulung seluas 700 hektare.Kepala Disnakertrans Kutim H.Abdullah Fauzie melalui Kepala Seksi Penyiapan Pemukiman, Kasiyanto, pekan lalu mengatakan, kedua dua lokasi baru permukiman transmigrasi itu bisa dibangun rumah untuk 450 kepala keluarga (KK). “Lahan yang dicadangkan tersebut selama ini dikerjasamakan dengan beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit sesuai surat ijin lokasi yang dikeluarkan bupati, dan 20 persennya dienclave sebagai permukiman baru,” kata Kasiyanto.

Berdasarkan surat izin lokasi, katanya, lahan perkewbunan sawit itu harus melibatkan petani penduduk atau masyarakat yang berada di sekitar lokasi perusahaan sebagai plasma sebanyak lima persen, sehingga kalau ditotal luasnya mencapai 550 hektare di Kecamatan Karangan dan di Rantau Pulung seluas 700 hektare. Perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Karangan dan Rantau Pulung yang wajib mengenclave lahannya untuk program transmigrasi adalah Gunta Samba Grup dan PT Andalas di Rantau Pulung.

Rencananya, di Kecamatan Karangan, jumlah warga yang akan ditempatkan sebanyak 200 KK, karena  polanya lahan seluas dua hektare per KK, dan sisanya untuk lahan pekarangan atau lahan pertanian. Sedangkan di Rantau Pulung nantinya akan ditempatkan sebanyak 250 KK dengan pola juga sama dengan yang ada di Kecamatan Karangan, yakni setiap KK mendapatkan dua hektare dan juga untuk lahan pertanian.

“Lahan dijamin tidak bermasalah, dan Rencana Teknis Satuan Pemukiman (RTSP) merupakan kewenangan pusat dan provinsi yang melibatkan tim gabungan dari dinas teknis, perekonomian dan pertanian,” katanya. Ia menambahkan, pembangunannya siap dilakukan kapan saja, tergantung dari keputusan Kementerian Tarnsmigrasi RI, demikian juga warga asal transmigran, dari daerah manapun tidak ada persoalan, apakah itu dari Pulau Jawa, Sulawesi, NTT, atau NTB. [as]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Just To Inform

085883568081
05.00 pm
March 2013
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: