my KUTAI TIMUR

Home » Ekonomi & Bisnis » Pekerja Pelabuhan Sangatta Unjukrasa

Pekerja Pelabuhan Sangatta Unjukrasa

[Sangatta]: Sekitar 100 pekerja (buruh) dari perwakilan Tenaga Kerja Bongkar Muat Pelabuhan Koperasi Bara Laut Mandiri (TKBMP KBLM) Sangatta, Kutai Timur, melakukan unjukrasa menuntut PT Perkasa Inaka Kerta (PIK) untuk memenuhi hak-hak mereka dan koperasi sebagai pengelola.

buruh pelabuhan

Dalam aksi yang dilakukan di Jl Yos Sudarso V, Sangatta, Senin, Koordinator pengerahan massa, Marthin, mengatakan bahwa aksi tersebut digelar karena selama ini para buruh yang tergabung dalam KBLM tidak memperoleh hak yang seharusnya mereka peroleh dari PT PIK, perusahaan pertambangan batu bara di Kabupaten Kutai Timur.

Hak-hak buruh yang tidak dipenuhi PT PIK di antaranya mereka tidak lagi dilibatkan dalam pekerjaan bongkar muat karena perusahaan lebih memilih menggunakan conveyor (mesin penggerak untuk memindahkan batu bara). Sebelum ada conveyor, katanya, pekerjaan dilakukan oleh para pekerja yang tergabung dalam TKBMP KBLM, tetapi sejak beroperasinya conveyor, jasa buruh tidak algi dipekerjakan, tetapi justru mempekerjakan pekerja dari perusahaannya sendiri.

Padahal, lanjut Marthin, berdasarkan peraturan yang ada, para pekerja TKBMP KBLM memiliki hak untuk melaksanakan pekerjaan di kawasan itu. “Kami meminta kepada Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Sangatta agar memfasilitasi dan meminta kepada PT PIK agar para buruh KBLM Sangatta mendapatkan hak-haknya kembali,” katanya.

Sementara itu Kepala Kantor UPP Kelas II Sangatta Muzahir mengatakan sudah membuat surat Nomor PP/402/4/12/UPP.SGA.2013 pada 18 januari 2013 yang ditujukan kepada PT PIK yang beralamatkan di Lubuk Tutung, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, agar perusahaan itu tunduk dan patuh kepada peraturan yang ada dan segera mempekerjakan kembali para buruh TKBMP KBLM. Muzahir juga meminta kedua pihak duduk bersama untuk mencari jalan keluar yang ter baik.

Pertemuan dua belah pihak disepakati paling lambat dilaksanakan satu pekan ke depan, dan apabila terjadi dead lock dalam pertemuan itu, maka para buruh akan menduduki Kantor UPP dan mengerahkan massa yang lebih banyak. [as]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Just To Inform

085883568081
05.00 pm
February 2013
M T W T F S S
    Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  
%d bloggers like this: